Mempunyai mobil pribadi tidak harus selalu baru. Anda bisa juga memilih untuk cari mobil bekas saja. Hal itu karena barang bekas tidak selalu kondisinya buruk. Ada juga penjual yang memang rajin melakukan perawatan sehingga kondisi mobil masih tetap bagus. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tips berikut untuk mendapatkan kendaraan bekas terbaik.

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Sesuaikan Budget

Meskipun membeli bekas, pembeli tetap harus memperhatikan budget. Jangan sampai biaya beli mobil tersebut membuat operasional harian terganggu. Usahakan untuk mencari kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai tergiur dengan berbagai macam fitur canggih yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk itu, dibutuhkan perencanaan matang sebelum membelinya. Anda bisa mulai menyisihkan dana beli mobil beberapa bulan sebelum membelinya. Agar lebih mudah, buatlah rencana pembagian dana bulanan. Pisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, kesehatan, dana darurat, dan juga dana beli mobil. Dengan begitu, kesehatan uang bulanan masih bisa terkendali.

2. Surat-Surat Lengkap

Belilah juga kendaraan dengan kondisi suratnya lengkap. Membeli dalam kondisi dokumen tidak lengkap hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Bisa saja mobil yang dijual tersebut merupakan barang leasing yang punya masalah kredit. Bukannya mendapat mobil baru, tetapi bisa-bisa malah terkena tindak modus kejahatan.

Selain itu, jika kendaraan tidak bersurat hanya akan menambah repot pembeli. Seperti diketahui, mengurus surat-surat kendaraan membutuhkan waktu. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Oleh karena itu, dalam membeli kendaraan dalam kondisi bekas, keberadaan surat lengkap yang masih hidup sangatlah penting untuk diketahui.

3. Hindari Beli Kredit

Membeli kendaraan secara kredit memang bukan hal yang salah, namun akan lebih baik lagi jika hal tersebut dihindari. Hal itu karena biaya cicilan kendaraan bisa menambah beban pengeluaran bulanan. Belum lagi ditambah dengan biaya perawatan serta penggantian suku cadang setiap bulan. Jadi, selagi dana cukup untuk beli tunai, lebih baik hindari untuk melakukan kredit.

Namun, apabila terpaksa harus kredit, maka pilihlah biaya down payment terbesar. Dengan begitu, biaya cicilan bulanan bisa menjadi lebih ringan. Pilih juga tenor pembayaran pendek untuk menghindari biaya bunga yang terlalu besar.

4. Cek Kondisi

Sebelum memutuskan membeli kendaraan bekas, ada baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Periksalah bagian interior, eksterior, mesin, kaki-kaki, dan lain sebagainya. Jika perlu, bawalah kendaraan ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Hal ini penting untuk dilakukan agar kendaraan yang dibeli benar-benar masih layak jalan.

5. Jangan Habiskan Budget

Pada saat membeli, usahakan untuk tidak menghabiskan semua budget untuk beli mobil saja. Sebagai contoh, misal budget yang dimiliki sebesar 100 juta. Nah, jangan gunakan uang tersebut semuanya hanya untuk beli mobilnya saja. Jika memungkinkan, carilah kendaraan bekas dengan harga di bawah budget tersebut.

Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga jika terdapat komponen yang harus diganti. Seperti diketahui, biaya perawatan mobil tidaklah murah. Apalagi jika harus melakukan penggantian komponen, biaya bisa lebih dari satu juta rupiah. Oleh karena itu, sebisa mungkin carilah kendaraan bekas yang harganya berada di bawah budget yang dimiliki.

Itulah tadi tips yang bisa digunakan saat Anda sedang cari mobil bekas. Dengan menggunakan tips tersebut, semoga Anda bisa mendapatkan kendaraan bekas dalam kondisi baik. Apabila Anda ingin mencari referensi mobil bekas dengan kualitas baik, langsung saja kunjungi seva.id.

Artikel yang Direkomendasikan