Jenis-jenis Promo Cashback yang Wajib Banget Tahu Buat Kamu Suka Belanja

Jenis-jenis Promo Cashback yang Wajib Banget Tahu Buat Kamu Suka Belanja

Mendekati hari raya Lebaran, Natal, atau Tahun baru, pasti pusat perbelanjaan atau pun marketplace di Indonesia dan mancanegara menawarkan berbagai diskon menarik sehingga kamu bisa beli barang dengan harga yang lebih murah. Tapi, yang nggak kalah menariknya yaitu ada promo cashback yang bisa menguntungkan buat keuanganmu.

Apa sih cashback itu? Kalau kamu belum tahu apa itu cashback, yaitu termasuk promo yang diberikan oleh sebuah toko atau penyedia produk pada barang-barang tertentu. Sistem cashback yang satu ini bisa diberikan dalam berbagai berupa cara, seperti langsung diberikan uang tunai atau bisa juga diberikan melalui uang virtual kalau kamu berbelanja secara online.

Promo cashback sering banget disamakan dengan diskon. Padahal, kedua strategi bisnis itu sama sekali berbeda, bahkan dari ketentuan dan aturannya saja sudah jelas-jelas tidak sama. Nah, khusus dari program cashback yang sering banget kamu temukan saat berbelanja di mana saja, ada 3 jenisnya yang wajib banget kamu tahu.

Cashback Toko Online

Kalau kamu sering berbelanja melalui marketplace yang berbasis online, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan program cashback satu ini. Promo ini hanya ditawarkan dari toko yang memang ingin memberikan promo cashback ke para konsumennya agar semakin banyak peminatnya yang datang ke toko itu.

Kamu yang membeli barang dari toko tertentu dan memanfaatkan program ini, nanti akan mendapatkan pengembalian sejumlah uang sesuai dengan jumlah transaksi yang kamu bayarkan. Tapi, cara pengembaliannya bukan berupa uang tunai yang diberikan langsung ke kamu melalui transferan ke rekeningmu. Pengembaliannya berupa uang virtual yang justru bisa kamu gunakan buat pembelanjaan selanjutnya.

Contohnya, waktu kamu berbelanja dengan jumlah transaksi Rp 150 ribu di pembelian pertama dan menggunakan cashback-nya sebesar 40%, maka jumlah pengembalian uang yang bisa kamu dapatkan yaitu Rp 60 ribu. Dari Rp 60 ribu itu, kamu bisa menggunakannya buat pembelian berikutnya.

Biasanya sih e-commerce sudah bekerja sama dengan perusahaan dompet digital, sehingga pengembalian dananya bisa langsung diberikan ke akun dompet digital yang kamu pakai.

Cashback dari Bank

Buat kamu pemegang kartu debit mau pun kredit dari suatu bank tertentu, biasanya promo cashback bisa kamu ketahui dari email dan SMS dari bank terkait. Program ini biasanya memang diberikan ke para nasabahnya agar mereka tetap nyaman menggunakan layanan bank-nya.

Berbeda dengan program cashback dari toko online, di promo ini kamu baru bisa mendapatkan pengembalian dananya setelah kamu berhasil menyelesaikan transaksi sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Besar persenan yang biasanya diberikan ke para nasabah, tentu berbeda-beda pihak bank memberikannya.

Contohnya saja kamu bisa lihat di https://www.hsbc.co.id/1/2/id/personal/offers/kartu-debit/cashback. Pihak bank HSBC memberikan penawaran program cashback yang bisa kamu nikmati sepanjang tahunnya, bahkan sampai Rp 4,5 juta per tahunnya. Kamu yang memegang kartu HSBC Advance bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 3 juta per tahun, sedangkan HSBC Premier bisa mendapatkan promo cashback sampai Rp 4,5 juta per tahunnya.

Cashback Properti

Pihak properti, entah rumah cluster atau apartemen biasanya juga menawarkan program cashback agar bisa menarik konsumen-konsumennya. Tapi, pemberian pengembalian dana konsumen di bidang properti lebih berbeda daripada kamu berbelanja di online atau langsung ditawarkan dari bank tertentu.

Kebanyakan pihak properti memberikan penawaran cashback berupa barang yang bisa digunakan buat hunian kamu nanti. Pemberiannya juga nggak asal-asalan karena yang diberikan cashback adalah orang yang sudah membayar dana lebih buat membeli propertinya.

Kamu bisa mendapatkan promo cashback sesuai di mana kamu melakukan transaksinya. Kamu yang hanya di bank saja, bisa mendapatkan pengembalian dana hanya berasal dari segala transaksi di bank tersebut. Tapi kalau kamu berbelanja secara online, tentu marketplace atau toko online itu yang menawarkannya ke kamu.

Tinggalkan Balasan