Penanganan Demam Berdarah Dengue Pada Anak

Penanganan Demam Berdarah Dengue Pada Anak

Penyakit demam berdarah dengue merupakan jenis penyakit berbahaya dan mematikan jika tidak ditangani dengan baik. Gejala-gejala yang terlihat saat mengalami penyakit ini, diantaranya seperti demam tinggi secara mendadak, merasakan sakit kepala, sakit pada bagian belakang mata, otot, serta sendi, mengalami penurunan nafsu makan, rasa mual, dan mengalami ruam pada permukaan kulit. Untuk gejala yang terjadi pada demam berdarah yang sudah cukup parah, seperti terjadi pendarahan serius, tekanan darah yang turun secara drastis, dlsb.
Penanganan Demam Berdarah Dengue Pada Anak
Demam berdarah bisa menyerang pada siapa saja, termasuk anak-anak. Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut pada putra-putri Anda, sesegera mungkin lakukan upaya penyembuhan. Tidak hanya dengan memberikan obat demam berdarah anak saja, Anda juga harus memberikan perawatan, sebagai berikut:

1. Memberikan banyak cairan pada anak.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan saat merawat anak yang terkena DBD adalah mencukupi kebutuhan cairannya. Bisa dengan memberikan air putih atau jus buah untuk diminum sesering mungkin. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan membantu untuk menurunkan demam tersebut. Selain itu, dengan meminum banyak air akan turut membantu meringankan gejala yang timbul akibat dehidrasi, seperti kram otot dan sakit kepala. Air juga nantinya berfungsi untuk mengeluarkan racun pada tubuh saat melakukan buang air kecil.

2. Mengompres hangat pada anak jika masih mengalami demam tinggi.
Salah satu gejala penyakit DBD adalah penderita akan mengalami demam tinggi. Saat anak Anda mengalami hal yang serupa, Anda bisa mengompres hangat pada anak untuk meredakan gejala ini. Jika demam terbilang cukup tinggi dan tidak kunjung turun setelah di kompres dan minum obat, ada baiknya segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.

3. Mewajibkan anak untuk istirahat total.
Agar kondisi cepat pulih, usahakan putra-putri Anda untuk beristirahat total.

4. Memberikan obat paracetamol untuk menurunkan demam dan mengatasi nyeri.
Paracetamol berguna untuk meringankan gejala nyeri dan menurunkan demam. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mengetahui obat apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh anak. Seperti jika anak mengalami mual dan muntah saat mengalami demam berdarah. Anda bisa menggunakan obat mual muntah yang aman buat anak dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *