5 Februari 2023

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda pasti tidak akan terlepas dengan istilah konsultan HRD. Konsultan ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia.

Beberapa hal yang bisa terbantu dengan layanan ini antara lain memudahkan perekrutan karyawan, mengadakan pelatihan sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, konsultan HR memegang peran penting terutama untuk perusahaan skala kecil dan menengah.

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan sumber daya manusia di perusahaan, menggunakan jasa konsultan HR bisa menjadi pilihan tepat. Akan tetapi, sebelum itu, pastikan Anda memahami beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Pengertian Konsultan HRD

Hal pertama yang harus dipahami terlebih dahulu ada tentang pengertian. Menurut beberapa sumber yang ada, Konsultan HR merupakan sebuah pihak yang memberikan layanan konsultasi maupun pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam perusahaan.

Layanan tersebut bisa ditujukan untuk karyawan langsung atau meningkatkan kualitas departemen human resource yang dimiliki perusahaan. Seperti kita ketahui, bagian HRD memang cukup penting untuk meningkatkan kualitas SDM yang berdampak besar terhadap kemajuan perusahaan.

Selain itu, HRD juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam perekrutan karyawan baru. Apabila kualitas HRD tidak baik, tentu saja seleksi karyawan baru tersebut juga tidak akan maksimal.

Oleh karena itulah, dibutuhkan bantuan pihak ketiga yang memberikan pelatihan kepada bagian HRD ataupun langsung menangani peningkatan kualitas SDM tersebut. Di sinilah peran konsultan HRD berada.

Peran Konsultan HR

Lantas, apa saja peran konsultan HR dan sepenting apakah layanan tersebut untuk perusahaan? Anda bisa mengetahuinya secara lengkap di bagian ini.

1. Memberikan perspektif baru

Pihak dalam perusahaan akan cukup kesulitan untuk melihat apa masalah yang sedang terjadi saat ini. Di situlah dibutuhkan bantuan pihak luar seperti konsultan HR untuk melihat dari perspektif lain.

Karena bersifat netral tanpa adanya ikatan interpersonal seluruh staf, konsultan ini akan memiliki pandangan lebih objektif. Dengan demikian, apabila terdapat masalah bisa dideteksi dengan lebih jelas seperti apakah kualitas sumber daya manusia sudah memenuhi standar atau belum.

2. Melakukan pelatihan

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, konsultan HR biasanya juga menyediakan pelatihan, baik itu untuk karyawan maupun departemen HR. Hal ini sangat penting agar perusahaan bisa segera berbenah atau meningkatkan performanya.

Untuk perusahaan skala kecil dan menengah biasanya masih belum memiliki departemen HRD atau masih digabung dengan divisi lain. Oleh karena itu, pelatihan dari konsultan ini memang akan sangat membantu untuk memberikan pelatihan kepada para karyawan.

Pelatihan ini berkaitan erat dengan soft skill di dunia kerja seperti kedisiplinan, kepemimpinan, dan lain-lain. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pelatihan sebaiknya dilakukan secara rutin seperti tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau satu tahun sekali.

Bisa disimpulkan bahwa konsultan HRD memang memegang peranan yang sangat penting, terutama untuk perusahaan skala menengah ke bawah. Namun, Anda juga harus menggunakan layanan yang berkualitas, salah satunya adalah konsultanhrd.co.id.