Spare Part & Tools Handphone yang Biasanya Sering Diganti karena Cepat Rusak

Spare Part & Tools Handphone yang Biasanya Sering Diganti karena Cepat Rusak

Seperti halnya benda-benda bermesin lainnya, handphone atau ponsel juga memiliki komponen pembentuk yang saling menyokong satu sama lain. Ketika salah satu komponen mengalami kerusakan, akan berakibat pada performa ponsel tersebut, entah itu performa sebagian atau keseluruhan. Inilah mengapa selalu ada penjual suku cadang, biasanya diperuntukkan kepada pemilik ponsel yang tidak ingin segera menjual hp-nya untuk diganti yang baru. Namun, dari banyaknya spare part pada handphone, ada beberapa yang rawan sekali rusak. Berikut ini adalah beberapa spare part & tools handphone yang cukup sering mengalami masalah.

Spare Part Handphone yang Sering Mengalami Kerusakan

Beberapa spare part pada handphone yang rawan rusak dan bisa diganti di tukang service adalah;

1. LCD
LDC menjadi komponen penting pada layar ponsel. Entah itu ponsel jadul atau handphone terbaru, selalu membutuhkan layar LCD sebagai penampil grafis. Namun, karena letaknya yang berada di bagian terluar, LCD sering tergores atau bahkan retak karena jatuh. Inilah mengapa, counter service sering menyediakan LCD dalam berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan klien yang ingin layar LCD hp-nya diperbaiki.

2. Touch Screen
Pada ponsel masa kini, layar sentuh menjadi kebutuhan mendasar pemilik smartphone. Tanpa touch screen yang bekerja dengan baik, ponsel tidak akan dapat digunakan sama sekali. Bukan masalah jika dalam ponsel tersebut masih dilengkapi keypad seperti teknologi terdahulu, sehingga meskipun touch screen rusak, ponsel masih dapat dipakai dengan baik. Namun, ponsel zaman sekarang sudah meninggalkan keypad manual karena layar sentuh dianggap lebih praktis.

3. Baterai
Dulu, baterai pada smartphone tidak ditanam langsung dan bisa dilepas sesuka hati. Sehingga ketika baterai rusak, pemilik tinggal menggantinya sendiri dengan yang baru. Akan tetapi, baterai smartphone masa kini, ditanam langsung pada bagian dalam hp. Hal tersebut terkadang menyulitkan untuk penggantian, sehingga perlu ke jasa tukang service untuk menggantinya.

Tools Handphone Paling Mendasar untuk Mengutak-atik Ponsel

Komponen pada handphone sangat beragam, mulai dari yang mendasar sampai pada bagian terkecil dan rumit. Namun, untuk Anda yang ingin bisa mengutak-atik handphone sendiri, ada beberapa tools yang perlu dipersiapkan. Antara lain adalah soldier, obeng, pinset, tang, multimeter, power supply, GSM tes set, kabel data, dan computer. Atau, Anda bisa mencoba membeli tool kit set untuk ponsel yang sudah terdiri dari beberapa peralatan mendasar seperti obeng, pinset dan lain-lain.

Akan tetapi, meskipun sudah punya tools set pribadi, sebaiknya Anda tidak mengerjakan perbaikan handphone sendiri jika belum berpengalaman. Sebab, komponen handphone biasanya sangat kecil dan butuh ketelitian serta ketepatan pemasangan. Namun, Anda bisa menggunakan tools handphone tersebut untuk berlatih me-repair handphone bekas yang sudah rusak. Untuk mengetahui penggunaan tools tersebut secara mendalam, tidak ada salahnya berlatih pada yang ahli.

Tinggalkan Balasan