Saat ini sudah ada banyak industri yang jauh lebih memilih menggunakan pompa tambang untuk memenuhi segala kebutuhan operasional perusahaan nya. Pada zaman dahulu pompa digunakan untuk memindahkan air yang berasal dari sumber sumur ke bagian permukaan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman seperti saat ini sudah ada banyak jenis pompa yang bisa dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhannya, salah satunya seperti pompa tambang.

Jika Anda memiliki pompa tambang maka tidak akan terlepas dari yang namanya perawatan supaya umur dari pompa tambang tersebut juga jauh lebih panjang. Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah untuk melakukan perawatannya maka Anda tidak perlu bingung karena Anda bisa mengandalkan jasa pompa tambang atau merawatnya sendiri seperti berikut:

1. Gunakan pompa sebagaimana mestinya
Cara perawatan yang pertama yaitu Anda harus menggunakan pompa tambang ketika benar-benar dibutuhkan untuk memindahkan komponen cair. Hal ini tujuannya supaya pompa tambang tidak mudah mengalami kerusakan. Apabila pompa tambang tidak digunakan sebagaimana mestinya maka akan berpengaruh pada masa dari pompa tersebut.

2. Usahakan arus listrik tetap stabil
Langkah yang kedua yaitu Anda harus memastikan bahwa untuk arus listrik dari pompa tambang berada dalam kondisi yang stabil. Jika kondisi arus listrik tidak stabil maka hal ini akan berpengaruh terhadap gerakan baling-baling ataupun gerakan kipas dari sumber energi kinetik. Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan poin ini dengan sebaik mungkin supaya kerusakan pada pompa tambang tidak terjadi.

3. Matikan mesin
Mematikan mesin pada pompa tambang wajib dilakukan ketika mesin tidak lagi digunakan. Apabila mesin dibiarkan berada dalam kondisi on sedangkan tidak digunakan maka hal ini akan sangat beresiko terhadap kerusakan.

4. Lakukan pengecekan secara berkala
Melakukan pengecekan pada bagian komponen secara berkala memang wajib dilakukan untuk mengetahui apakah komponen yang bergerak sesuai dengan gerakannya ataupun tidak. Selain itu Anda pun juga bisa mengetahui apakah ada komponen yang perlu diganti atau tidak.

Untuk melakukan perawatan pada pompa tambang memang sangatlah mudah dilakukan namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Jika sekiranya Anda mengalami kesulitan maka Anda bisa menghubungi Sewatama yang bisa Anda akses melalui website resminya di https://sewatama.com/id/.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan