Anda ingin mengetahui info kurs hari ini? Bagi Anda yang pernah menukar uang Rupiah ke uang asing ataupun sebaliknya, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah kurs. Namun mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui bahwa ternyata ada 3 jenis kurs yang berlaku, yaitu kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah.

Kurs Jual, Kurs Beli, dan Kurs Tengah

Definisi kurs sendiri adalah sebuah mata uang dari suatu negara terhadap mata uang negara lain. Kurs dapat dinyatakan atau diukur dalam mata uang lainnya. Kurs memiliki nama lain nilai tukar mata uang atau exchange rate. Kurs memiliki peran penting dalam transaksi terutama terkait dengan ekspor dan impor.

Kurs jual, dari Rupiah ke mata uang asing, merupakan kurs yang dipakai apabila bank maupun money changer ingin menjual mata uang asing kepada Anda yang ingin menukarkan mata uang asing.

Sedangkan kurs beli, dari mata uang asing ke Rupiah, merupakan kurs yang dipakai apabila bank maupun money changer ingin membeli uang asing dari Anda, atau mudahnya jika Anda ingin menukarkan kembali uang asing dengan Rupiah.

Berbeda lagi dengan kurs tengah, yaitu kurs antara kurs jual dan kurs beli dimana penjumlahan kurs beli dan kurs jual dibagi 2. Namun kurs ini jarang sekali digunakan.

Faktor yang Mempengaruhi Kurs

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kurs, diantaranya

1. Faktor Capital Outflow atau Aliran Modal Keluar
Capital outflow berarti modal negara keluar guna membayar hutang maupun keperluan negara lainnya. Semakin tinggi utang yang perlu dibayarkan, mengakibatkan permintaan terhadap valuta asing meningkat, kurs mata uang dalam negeri menurun dan begitupun sebaliknya.

2. Faktor Pembayaran Impor
Kegiatan impor barang dapat mempengaruhi kurs mata uang suatu negara. Pembayaran impor menggunakan kurs beli, sehingga semakin tinggi nilai impor barang maka semakin banyak pula permintaan terhadap valuta asing, sehingga menyebabkan kurs mata uang dalam negeri menurun.

Menukar Rupiah ke Mata Uang Asing

Sebelum Anda melakukan penukaran rupiah ke mata uang asing, ada baiknya untuk menyimak tips berikut ini.

1. Memastikan Jumlah Uang yang Akan Ditukar
Hal pertama dan paling utama sebelum Anda mendatangi bank atau money changer untuk menukar uang adalah memastikan terlebih dahulu berapa jumlah uang yang akan Anda tukarkan.

2. Perhatikan Waktu Penukaran
Saat yang tepat untuk melakukan penukaran uang adalah pada saat kurs sedang berada dalam kondisi stabil. Jika tidak, Anda dapat melakukan penukaran di awal pekan terlebih pada pagi hari guna mendapatkan harga yang lebih baik.

3. Tukar di Bank atau Money Changer Berizin
Anda tentu tak boleh sembarangan ketika ingin menukar uang. Untuk meminimalkan risiko terkena penipuan, ada baiknya untuk menukar di bank. Jika tidak, Anda dapat menukar di money changer berizin.

Demikianlah informasi mengenai kurs hari ini bagi Anda yang ingin melakukan penukaran uang asing. Perlu diperhatikan jika nilai tukar diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Artikel yang Direkomendasikan