Entah cewek atau cowok pastinya mau banget punya rambut yang terlihat sehat terawat, terutama kaum cewek yang identik dengan rambutnya yang panjang. Nggak heran segala perawatan dilakukan agar rambut panjangnya terlihat indah dan sehat. Tapi, ada kalanya rambut kering kalau nggak dilakukan perawatan yang benar. Karena itu, coba kamu biasakan cara merawat rambut kering agar kembali sehat seperti semula.

Pakai Sampo yang Memberikan Kelembaban

Salah satu cara buat mengatasi rambut yang lagi kering yaitu memakai sampo yang punya bahan khusus untuk memberikan kelembaban. Kebanyakan sampo yang khusus diformulasikan untuk rambut kering sudah punya kandungan pH yang justru lebih rendah. Kandungan tersebut lebih berguna mengembalikan kelembaban rambut yang sedang kering.

Meski bagus buat rambut yang kering, jangan sampai deh kamu terlalu banyak mengaplikasikan sampo di rambut kamu. Terlalu banyak sampo malah akan membuat rambut kamu semakin kering dan rusak.

Rajin Keramas secara Berkala

Jangan anggap sepele rajin keramas ya karena bisa memberikan kelembaban yang baik buat rambut kering kamu. Tapi, masih banyak saja yang salah persepsi kalau rajin keramas harus dilakukan setiap hari. Justru cara merawat rambut kering itu salah dilakukan dan akan membuat rambut kamu semakin rusak.

Semakin sering kamu keramas setiap hari, hanya akan membuat minyak alami pada rambutmu akan semakin berkurang. Kalau kamu lakukan terus menerus, rambut kamu akan cepat mengering dan gampang banget rapuhnya. Lebih baik kamu lakukan keramas setiap 2 hari sekali. Jangan lupa gunakan sampo yang tepat khusus rambut kering.

Pakai Kondisioner Setelah Keramas

Nggak jarang loh masih banyak saja orang yang anggap sepele kondisioner. Entah itu terlalu malas mengaplikasikannya atau apa, mereka lebih memilih nggak menggunakannya. Padahal, memakai kondisioner setelah keramas sangat efektif memberikan kelembaban pada rambut. Selain itu, kondisioner juga bisa menggantikan minyak rambut alami yang sebelumnya sudah ikut tercuci saat keramas dengan sampo.

Kondisioner juga punya efek lainnya nih yaitu merapikan kutikula rambut kamu dengan lebih cepat dan mencegah rambut mengalami kerusakan lebih parah, seperti bercabang dan rapuh. Makannya, mulai dari sekarang jangan anggap sepele kondisioner dan aplikasikan setelah keramas.

Kurangi Catokan atau Hair Dryer

Buat para cewek-cewek, cara merawat rambut kering yang benar yaitu nggak terlalu sering menggunakan catokan atau hair dryer. Kedua pengering rambut itu hanya akan membuat rambut kamu semakin bertambah kering saja loh. Kok bisa begitu? Jelas saja karena panas yang dihasilkannya lebih berpotensi rambut akan semakin kering meski kamu mau mengeringkan rambut yang lagi basah.

Kalau kamu mau tetap memakainya, pastikan kamu jangan terlalu sering menggunakannya. Setelah mencatok rambutmu atau mengeringkannya, jangan sampai lupa aplikasikan vitamin rambut atau obat perlindungan panas sebelum melakukannya agar rambut kamu tidak terlalu kena dampak panas berlebih.

Hindari Keramas Memakai Air Hangat

Kalau rambut kamu sudah terlanjur kering, usahakan kamu keramas jangan memakai air hangat. Biasanya mencuci rambut menggunakan air hangat dilakukan kalau kita sedang capek-capeknya. Tapi ternyata keramas pakai air hangat sangat nggak dianjurkan buat kamu yang punya masalah rambut kering.

Lebih baik kamu keramas saja dengan menggunakan air dingin. Semakin sering kamu mencuci rambut memakai air hangat, justru akan membuat kulit kepala sekaligus rambutmu semakin cepat kering.

Aplikasi Nutrisi Tambahan Lainnya

Nggak jarang cewek-cewek mengaplikasikan nutrisi tambahan buat rambutnya agar tetap lembab dan sehat. Cara merawat rambut kering ini memang sangat efektif mengembalikan kelembaban rambut dan menjaganya agar tetap sehat berkilau. Kamu bisa menggunakan produk masker rambut yang khusus hanya buat perawatan rambut yang kering.

Selain itu, kamu juga bisa kok membuat masker rambut sendiri yang caranya gampang dibuat. Dengan memakai bahan-bahan yang alami, seperti madu, minyak kelapa, lidah buaya, atau pun minyak zaitun, di jamin deh rambut kamu akan kembali sehat dan lembab.

Nggak susah kan cara merawat rambut kering di atas? Masih banyak lagi perawatan rambut kering yang bisa kamu lakukan. Tapi, usahakan pilih cara yang sesuai dengan jenis rambut kamu ya karena salah-salah melakukannya hanya bikin rambut kamu semakin susah lembab.