Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Tepat Pakai Inhaler! Bagi penderita asma mengetahui mengenai cara pakai inhaler yang tepat tentunya menjadi hal yang sangat penting. Akan tetapi, masih ada sebagian masyarakat yang keliru mengenai hal ini sehingga ketahui beberapa langkah ini dan ubah menjadi cara yang tepat, ya!

Beberapa Langkah Pakai Inhaler dengan Tepat

Posisi Penderita

Hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu saat ingin menggunakan alat pernapasan ini adalah posisi Anda. Posisi Anda adalah hal yang snagat penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

Bagi Anda yang memakai inhaler maka kami sarankan untuk berdiri tegak. Bila tidak bisa melakukan hal ini, maka setidaknya duduk dengan tegak dan jangan membuat postur tubuh yang membungkuk.

Kocok Alat Pernapasan Ini

Setelah memastikan posisi Anda telah benar, sebisa mungkin jangan langsung menyemprotkan obat yang ada. Melakukan hal ini hanya akan membuat Anda melakukan pekerjaan yang tidak bermanfaat.

Akan lebih baik bagi Anda untuk coba atur pernapasan Anda sebaik mungkin sebelum kocok inhaler untuk beberapa detik. Biasanya waktu yang paling sesuai untuk Anda yang ingin melakukan hal ini adalah lima detik saja.

Ubah Posisi Kepala

Setelah lakukan hal tersebut, ubah posisi kepala Anda menjadi sedikit kebelakang. Jangan lupa untuk tarik dan hembuskan napas panjang terlebih dahulu selama beberapa kali dan lakukan langkah selanjutnya.

Masukkan dan Tekan Inhaler

Hal yang harus Anda lakukan dalam pemakaian inhaler kali ini adalah memasukkan obat tersebut ke antara gigi atas dan bawah Anda. Setelah itu, tutup rapat mulut Anda hingga menyatu dengan inhaler Anda.

Lakukan hal ini dengan baik terlebih dahulu sebelum semprotkan obat ini ke dalam mulut Anda. Pastikan menyemprotkan bagian ini sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter kepada Anda.

Dengan demikian, Anda telah berhasil memakai inhaler dengan cara yang tepat dan tidak ada kesalahan. Sehingga, dalam waktu singkat, pernapasan Anda akan berangsur membaik dan kembali normal seperti sedia kala.

Artikel yang Direkomendasikan