Handphone merupakan alat komunikasi yang sangat familiar bagi masyarakat. Kehadirannya sangat akrab karena tersedia dalam berbagai bentuk dan variasi harga yang berbeda-beda. Benda kecil ini juga ternyata sudah sangat akrab di kalangan usia remaja.

Beberapa bahkan menggunakannya sebagai sumber informasi dan sumber belajar. Namun, bagaimanakah bahaya handphone pada anak usia remaja apabila menggunakan handphone tanpa pengawasan orang tua? Yuk simak ulasan di bawah ini.

5 Bahaya yang Terjadi Pada Anak Usia Remaja Akibat Kecanduan Handphone

Bahaya Telepon Akan Kesehatan Anak

1. Penglihatan dapat Memburuk

Hal pertama yang dapat terjadi sebagai akibat dari bahaya handphone pada anak usia remaja adalah penglihatan mereka akan memburuk. Hal ini disebabkan oleh intensitas melihat pada layar handphone mengakibatkan mata menerima radiasi yang dihasilkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini apabila selalu terjadi maka dapat menyebabkan penglihatan anak menurun sehingga mengakibatkan terganggunya penglihatan.

2. Konsentrasi Terganggu

Dampak selanjutnya adalah konsentrasi yang dimiliki anak dapat terganggu. Hal ini terjadi karena otak terlalu sering memprogram hal yang sama berulang-ulang, semisal anak yang kecanduan game ataupun terlalu sering bermain social media. Akhirnya ketika sang anak lepas dari dunia gadget maka akan membuat ia sulit menerima arahan dari orang lain.

3. Akademis Menurun

Selanjutnya yang akan terjadi adalah penurunan dalam bidang akademis. Kecanduan handphone akan membuat anak terfokus pada hal yang ia selalu mainkan di handphone. Poin nomor dua akan sangat berhubungan dengan penurunan akademis. Sulit menerima pelajaran di sekolah akan membuat anak ketinggalan mata pelajaran yang ia ikuti dan berdampak pada penurunan akademis.

4. Kesehatan menurun

Kesehatan menurun dapat terjadi apabila sang anak terlalu candu bermain handphone. Hal ini disebabkan karena jam istirahat yang seharusnya digunakan untuk mengistirahatkan otak dan tubuh malah digunakan untuk bermain gadget. Alhasil anak akan sering mengalami sakit kepala setelah terlalu lama bermain gadget.

5. Boros

Bagi anak anda yang kecanduan bermain game dan sosial media di gadgetnya makai a akan sanagt boros dalam penggunaan kuota. Uang jajan yang seharusnya digunakan pada hal-hal yang bermanfaat haruslah dialokasikan pada pembelian kuota yang terlalu sering. Akhirnya anak akan sangat boros dalam menggunakan uang jajan yang anda berikan.

Setelah mengetahui bahaya dari kecanduan handphone pada anak usia remaja, maka sebagai orang tua harus lah selalu mengawasi dan memberi arahan terkait bahaya handphone apabila sudah terlalu sering. Semoga bermanfaat.