Salah satu konsekuensi dari memiliki mobil adalah harus rajin dalam melakukan perawatan, baik itu perawatan interior, eksterior, hingga mesin mobil. Hal ini bertujuan agar performa mobil dapat tetap terjaga. Dari ketiga perawatan tersebut, membersihkan mesin adalah yang paling sulit. Jika Anda merasa sedikit kesulitan, cobalah untuk melakukan cara membersihkan mesin mobil berikut ini.

Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil

1. Menggunakan sarung tangan yang tebal

Membersihkan mesin mobil berbeda dengan membersihkan eksterior dan interior mobil. Ada berbagai zat berbahaya yang bisa membuat kulit Anda terluka atau menyebabkan alergi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan sarung tangan untuk menghindari hal-hal di atas. Sarung tangan juga bisa mencegah tangan Anda tersetrum oleh komponen yang mempunyai daya listrik.

2. Membungkus komponen mesin yang memiliki daya listrik

Pada bagian mesin, ada beberapa komponen yang memiliki daya listrik. Menggunakan sarung tangan saja tidak cukup untuk menghindari risiko tersetrum. Anda perlu membungkus komponen-komponen tersebut dengan menggunakan aluminium foil atau benda lain. Hal ini bertujuan agar ketika proses pembersihan, komponen tersebut tidak terkena air dan menimbulkan korsleting.

3. Panaskan mesin mobil terlebih dahulu

Jangan pernah sesekali membersihkan mesin mobil ketika dalam keadaan mesin dingin atau tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena pada mesin yang dingin, kotoran akan lebih sulit untuk dibersihkan. Setidaknya panaskan mobil terlebih dahulu kira-kira 10 hingga 15 menit lalu diamkan sebentar. Setelah itu, barulah Anda memulai untuk membersihkannya.

4. Menggunakan spons dan sikat kecil

Untuk bagian yang mudah dijangkau, gunakan spons untuk membersihkannya. Karakternya yang lembut tidak akan membuat goresan yang berpotensi merusak mesin mobil. Pada bagian yang sulit dijangkau atau kotoran susah dibersihkan, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat kecil khusus untuk membersihkan sela-sela.

5. Menggunakan sabun colek

Sabun colek digunakan untuk membersihkan sisa-sisa oli dan kotoran yang melekat di mesin mobil. Jangan lupa untuk membersihkan sabun ini dan jangan sampai ada bekas sabun yang tertinggal. Bilas dengan air bersih dan lap hingga benar-benar kering.

Itulah cara mudah membersihkan mesin mobil dengan tepat. Jika masih merasa kesulitan dan kurang yakin, Anda bisa membawanya ke bengkel agar dilakukan oleh orang yang lebih berpengalaman.