Tips Cerdas Finansial untuk Hidup yang Lebih Baik

Tips Cerdas Finansial untuk Hidup yang Lebih Baik

Kecerdasan finansial adalah hal penting yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah. Dengan kecerdasan finansial yang baik, seseorang dapat mengelola hidup menjadi lebih baik tanpa ada jeratan hutang atau membludaknya berbagai macam tagihan. Oleh karena itu, mengetahui beberapa tips cerdas finansial berikut ini dapat membantu Anda menata keuangan dengan baik.

1. Membayar tagihan setelah gajian
Tagihan adalah satu hal yang wajib diselesaikan terlebih dahulu. Jangan biarkan berbagai macam tagihan menumpuk hingga akhirnya Anda harus meminjam uang dan terjerat hutang. Dengan membayar atau mengalokasikan uang untuk tagihan, beban finansial Anda akan berkurang dan membuat kondisi keuangan Anda menjadi lebih sehat.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah segera menggunakan uangnya untuk makan-makan atau membeli barang konsumtif lain. Hal ini akan berakibat uang tiba-tiba menipis dan bukan tidak mungkin akan menambah daftar tagihan yang harus dibayar. Biasakan alokasikan dahulu untuk kebutuhan dan kewajiban.

2. Menabung dengan prinsip 70 20 10
Salah satu motivator dan trainer Indonesia, Tung Desem Waringin, memberikan tips sakti untuk memperoleh kesehatan finansial, yakni prinsip 70 20 10. Maksud dari prinsip ini adalah gunakan 70% dari penghasilan Anda untuk kebutuhan sehari-hari dan konsumtif lainnya, gunakan 20% untuk membayar tagihan, iuran rutin, dan hutang, serta alokasikan 10% untuk investasi.

3. Mencatat pengeluaran harian
Agar pengeluaran dapat terkontrol, Anda harus mencatat seluruh pengeluaran mulai dari pengeluaran kecil seperti uang parkir hingga pengeluaran besar seperti biaya listrik. Dengan melakukan pencatatan ini, Anda dapat memantau pengeluaran apa saja yang tidak penting dan menghilangkannya di kemudian hari.

4. Membuat 2 rekening bank
Agar tidak tercampur antara kebutuhan sehari-hari dan tabungan, buatlah dua rekening bank. Satu rekening dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sedangkan rekening yang lainnya Anda gunakan khusus untuk menabung saja. Dengan begitu, uang yang Anda tabung tidak akan terganggu oleh aktivitas belanja lainnya.

Jika Anda adalah seorang pebisnis, akan lebih baik lagi jika Anda memiliki 3 rekening. Rekening pertama adalah khusus kebutuhan sehari-hari, rekening kedua untuk tabungan, dan rekening ketiga khusus untuk perputaran uang bisnis Anda. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis adalah mencampurkan antara rekening bisnis dan rekening pribadi sehingga pengeluaran jadi sulit dipantau.

5. Membuat rencana pengeluaran
Ini adalah kunci dari kesehatan keuangan. Layaknya membuat sebuah proposal untuk sebuah kegiatan, Anda juga harus membuat rancangan pengeluaran dari tingkat prioritas paling tinggi hingga prioritas paling rendah. Jika ada anggaran untuk barang yang tidak terlalu penting, hapus saja dari daftar anggaran dan alokasikan untuk hal lain.

Tinggalkan Balasan