Kesehatan merupakan sesuatu yang tidak bisa ternilai dengan apapun termasuk uang, sehingga perlu dijaga sebaik mungkin. Banyak upaya dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita, baik melalui medis ataupun non medis. Menerapkan gaya hidup sehat ternyata tidak seribet dalam bayangan. Hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Pastikan mengonsumsi air putih yang cukup
Meskipun tergolong sepele dan mudah dilakukan, ternyata banyak orang masih saja kekurangan asupan air putih setiap harinya. Hal ini bisa jadi merupakan penyebab munculnya suatu penyakit. Air menjadi komponen penting yang sangat diperlukan tubuh, setelah diproses sisa buangannya akan dikeluarkan bersama urin, BAB, keringat, ataupun pernapasan.

Ketentuan umum mengonsumsi air adalah 2,7 liter – 3,7 liter bergantung pada kegiatan fisik yang dilakukan, berat badan, serta kondisi cuaca dan iklim. Beberapa tanda yang diperlihatkan tubuh ketika seseorang kekurangan air yaitu bibir kering ataupun pecah-pecah, warna urin agak kuning, mulut dan kulit kering, serta kurang fokus.

Mengatur waktu istirahat
Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setelah bekerja seharian. Kunci kedua menjalani gaya hidup sehat yaitu mengatur waktu istirahat yang baik. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda tentang lamanya waktu tidur. Kualitas tidur juga bisa membuat seseorang lebih awet muda. Oleh karena itu, usahakan beristirahat cukup dan berkualitas.

Ganti pikiran-pikiran negatif dengan sugesti positif untuk mengatasi masalah susah tidur yang sering timbul akibat stres. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meminimalisasi tingkat stres.

Beribadah atau Meditasi
Salah satu tujuan tuntunan ibadah adalah sebagai sarana untuk menenangkan pikiran sejenak dan menerangi jiwa. Anda membutuhkan ketenangan ini untuk semua hal dari mulai menyelesaikan masalah, meningkatkan kreatifitas, menghilangkan stres, dan masih banyak lainnya. Sumber utama mengatasi masalah kesehatan adalah hati.

Berolahraga cukup dan teratur
Olahraga masuk dalam rangkaian aktivitas yang dianjurkan untuk memulai pola hidup sehat. Selain konsumsi air putih & istirahat cukup, tubuh memerlukan aktifitas dan gerak. Menurut penelitian, olahraga teratur dapat menurunkan resiko terserang beberapa penyakit seperti pembakaran lemak berlebih di tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, dll.

Meluangkan waktu untuk berolahraga dan mengunjungi pusat kebugaran bisa mulai dipertimbangkan. Anda juga dapat memilih olahraga ringan tanpa harus ke tempat olahraga yaitu jogging, jalan kaki, ataupun naik turun tangga yang lebih hemat biaya dan bisa langsung dilakukan di sekitar rumah.

Mencukupi kebutuhan air minum (air putih), tidur cukup yang berarti tidak berlebihan ataupun kurang, beribadah atau meditasi, dan olahraga merupakan rangkaian aktivitas untuk memulai pola hidup sehat. Sebetulnya keempatnya sangat mudah dikerjakan dan tidak memerlukan biaya besar. Hanya memerlukan niat dan konsistensi dalam menjalankannya.