Hampir semua orang pernah merasakan patah hati, bisa disebabkan putus cinta atau bisa juga disebabkan cinta bertepuk sebelah tangan. Bagi orang yang bertepuk sebelah tangan rasa sakit tidak terlalu dalam, namun berbeda bagi seseorang yang pacaran hingga bertahun-tahun namun akhirnya kandas di tengah jalan.

Melupakan seseorang bisa saja anda obati dengan cara mencari pacar baru, namun bisa jadi anda akan merasakan kejadian yang terulang kembali. Oleh sebab itu bagi anda yang baru saja patah hati alangkah baiknya intropeksi diri, apa yang menyebabkan putus cinta. Dan yang paling penting adalah mulai memantaskan diri untuk bersiap dengan seseorang yang memang pantas untuk dicintai.

Berikut ini merupakan tips-tips mudah yang bisa anda lakukan jika putus cinta, cara di bawah ini memang tidaklah mudah namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan penting untuk diketahui bahwa waktu adalah obat paling ampuh menyembuhkan luka hati, maka bersabarlah akan tiba waktunya.

• Self Trafeling
Ketika anda baru putus maka anda membutuhkan waktu untuk menangis dan bersedih beberapa hari, namun pastikan anda tidak terpuruk hingga berminggu-minggu. Tidak apa-apa bersedih beberapa hari dengan menangisinya, namun setelah anda puas menangis maka bangkitlah. Lakukan perjalanan jauh yang untuk menenangkan pikiran.

• Cari apa yang anda inginkan dan lakukan
Ketika seseorang pacaran seringnya mereka melupakan hoby dan minat terhadap bidang tertentu, jika anda putus maka cari apa yang membuat anda semangat dan tertarik. Kembangkan minat yang membuat anda semangat dan bahagia.

• Anggap mantan sebagai orang biasa yang ada disekitar kita
Di awal anda putus anda pasti sangat kesal dan marah dengan mantan, boleh saja anggap mereka musuh dalam beberapa waktu. Namun jika rasa sakit anda sudah mulai hilang maka biarkan mantan anda menjadi seseorang biasa yang ada di sekitar anda.

• Nikmati hidup tanpa harus buru-buru punya pacar
Setelah putus cinta cintai diri anda sepuasnya, jangan berlomba cepat-cepat memiliki pacar. Sembuhkan dahulu hati anda dan nikmati hidup ini yang tidak hanya berisi cinta.

• Lepaskan pengampunan
Ampuni mantan jika mereka salah dan meminta putus dari anda, dengan memberi ampunan maka beban anda di hati akan lepas. Memang cara ini tidak bisa dilakukan langsung setelah anda putus, biasanya cara ini akan anda alami setelah berbulan-bulan bahkan ada yang bertahun-tahun baru bisa melaksanakan. Tidak perlu terburu-buru dan pada akhirnya waktu yang akan membuat anda memaafkan.

Cara move on di atas tidak akan terjadi jika tidak kemauan anda sendiri, oleh sebab itu move on akan sukses dilakukan jika anda berkeyakinan untuk belajar ikhlas dan melepaskan. Tidak apa membutuhkan waktu yang banyak, pelan-pelan yang pasti anda akan menemukan seseorang yang benar-benar di takdirkan untuk anda.